Sabtu, 25 Agustus 2012

Kelebihan dan kekurangan perkembangan sistem periodik

 lavoisier : pengelompokan atas logam n non logam. berdasarkan unsur logam / non logam. kekurangan : masih sangat sederhana jd blm terlhat adanya kemiripan unsur. kelebihan : menjadi dasar pengelompokan yang selanjutnya.

dobereiner : triade dobereiner. berdasarkan rata2 massa atom relatif ketiga unsur. kekurangan : masih belum banyak triade yg ditemukan. kelebihan : dr hsl penghitungan triade dobereiner ada yang hampir mendekati dengan massa atom di tabel periodik yang sekarang kita gunakan.


newland : hukum oktaf newland. berdasarkan kenaikan massa atom. kekurangan :hanya berlaku untuk unsur2 yang ringan ato sampai dengan unsur yang memiliki massa atom 40. kelebihan : unsur yang berselisih 1 oktaf menunjukkan adanya kemiripan sifat.


mendeleev : sistem periodik mendeleev. berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya. kekurangan : ada unsur yang kenaikan massa atomnya tidak sesuai karena lebih diutamakan pada kemiripan sifat. kelebihan : dapat meramalkan unsur yang belum ditemukan serta meramalkan massa atom unsur tersebut.


moseley : sistem periodik unsur. berdasarkan pada kenaikan massa atom dan kemiripan sifat. kekurangan : ada unsur yang tidak mirip dengan sifat unsur di bawahnya. contoh : H. kelebihan : kenaikan massa atom relatif suatu unsur sudah sesuai dengan kenaikan nomor atomnya....

2 komentar:

  1. makasih materi ngebantu banget

    BalasHapus
  2. Minta penjelasannya dong tentang meteri kekurangan dan kelebihan dari sistem periodik modern

    BalasHapus