Rabu, 30 April 2014

Ulasan singkat mengenai olahraga Sepakbola

Sejarah Sepakbola

Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan karena belum dibentuk aturan-aturan yang baku dalam sepakbola sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. 
Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai
kompetisi sepakbola dimainkan diberbagai negara.
Ukuran Lapangan Sepakbola
Mencari info ukuran lapangan sepakbola FIFA? Artikel ini akan memberikan penjelasan singkat tentang lapangan yang digunakan dalam sepakbola.

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Lapangan yang digunakan untuk olahraga permainan ini berbentuk persegi panjang. Berikut ini adalah gambar lapangan sepakbola.


Ukuran Lapangan Sepakbola
Untuk pertandingan profesional, ukuran lapangan yang digunakan adalah seperti yang telah ditetapkan oleh FIFA. Spesifikasi ukuran lapangan sepakbola internasional harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

Panjang
Panjang minimal dari lapangan sepakbola adalah 90 meter. Sedangkan ukuran panjang maksimalnya adalah 120 meter. Terdapat pula garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 bagian sama panjang.

Lebar
Lebar lapangan sepakbola berkisar antara  45 sampai dengan 90 meter.

Lingkaran Tengah
Lingkarang tengah ini disebut juga dengan kick off area. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk melakukan sentuhan pertama pada bola dan memulai pertandingan. Lingkaran tengah digunakan pada awal babak pertama dan kedua serta saat terjadi gol. Diameter lingkaran tengah lapangan sepak bola adalah 9,15 meter dengan posisi pusat tepat ditengah lapangan.

Kotak Penalti
Terdapat 2 buah kotak penalti dalam satu lapangan sepakbola. Kotak penalti berukuran 16,5 x 40,3 meter. Fungsinya adalah sebagai batas dimana seorang kiper boleh menggunakan tangannya untuk menangkap bola. Selain itu kotak penalti juga sebagai penentu apakah tendangan penalti bisa diberikan oleh wasit atau tidak. Pelanggaran oleh pemain yang terjadi di dalam kotak penalti akan berakibat terjadinya tendangan penalti untuk tim yang pemainnya dilanggar. Tendangan pinalti dilakukan dari jarak 11 meter di depan gawang. Tanda tempat meletakan bolanya disebut dengan titik penalti. Di dalam kotak penalti ini juga terdapat kotak kecil berukuran 11 x 18 meter. Jika terjadi tendangan pinalti maka kotak kecil inilah yang menjadi area batas kiper boleh berdiri.

Ukuran Gawang
Dalam sepakbola, kemenangan ditentukan oleh berapa banyak bola yang berhasil dimasukan ke dalam gawang lawan. Terdapat 2 buah gawang yang masing-masing harus dijaga oleh penjaga gawang di setiap tim. Ukuran gawang menurut FIFA adalah memiliki lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Gol akan dianggap sah jika bola telah melewati garis gawang.

Itulah spesifikasi ukuran lapangan sepakbola menurut FIFA dan berlaku secara internasional.

Teknik Dasar

A.  Menggiring Bola (Dribbling)

  Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :   
1.    Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.   
2.    Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya  diayunkan kedepan.   
3.    Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir  kedepan.   
4.    Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai   
5.    Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
6.    Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

B.  Menendang Bola (Kicking)

              Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya adalah sebagai berikut :   
1.    Badan menghadap sasaran di belakang bola.   
2.    Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm.
3.    ujung kaki menghadap sasara, lutut sedikit ditekuk, kaki ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan, setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, (gerakan lanjutan).
a.    Menendang dengan kaki bagian luar

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut:
1.    Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
2.    Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.
3.    Kaki ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan .
4.    Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah – tengah bola.
5.    Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.

b.   Menendang dengan punggung kaki

Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut:
1.    Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikitditekuk.   
2.    Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / sasaran.
3.    Kaki tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
4.    Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat pada tengah – tengah bola.
5.    Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.

C.  Lemparan Bola Ke Dalam (Throw In)
. pa
              Lemparan kedalam (throw-in) kelihatannya memang sederhana. Namun, setiap pemain harus memahami beberapa hal penting tentang lemparan kedalam, mulai dari cara melempar yang benar, kemana harus melempar dan sebagainya.
              Pertama, lemparan kedalam harus dilakukan dengan kedua tangan sementara kedua kaki harus tetap menginjak tanah. Sehingga, untuk melempar dengan keras Anda bisa berlari terlebih dahulu dan menyeret kaki belakang Anda (drag).
              Kedua, kalau Anda ingin melempar kepada teman yang tidak jauh dari Anda, usahakan agar bola mudah untuk diterima atau dikontrol. Sehingga, melemparnya ke arah kaki adalah sangat baik.
              Ketiga, sebagaimana mengumpan (passing), Anda tidak harus selalu melempar bola tepat ke arah teman. Anda bisa juga melempar bola ke ruang kosong (space) yang mudah bagi teman Anda untuk mendapatkannya.
              Keempat, jika Anda ingin melempar bola kepada teman yang agak jauh dan tidak ada lawan antara Anda dan dia maka sangat baik jika Anda melempar bola kepadanya dengan memantulkannya ke atas tanah, karena bola akan lebih mudah diterima atau dikontrol serta tenaga yang diperlukan untuk melempar tidak terlampau besar.
              Kelima, ketika Anda mendapat lemparan kedalam, lakukanlah sesegera mungkin ketika konfigurasi para pemain lawan masih semrawut sedangkan teman-teman Anda sudah siap.

D.  Menghentikan Bola (Controling)

              Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :   
1.    Posisi badan segaris dengan datangnya bola.   
2.    Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut   
3.    Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola   
4.    Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki   
5.    Kaki penghenti mengikuti arah bola.
              Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.

E.  Menyundul Bola (Heading)
Yang dimaksud dengan Heading adalah menanduk atau menyundul bola untuk mengoper/mencetak goll (Luxbacher, J.A, 2002). Menguasai bola dengan menggunakan kepala sangatlah tidak mudah, karena itu berlatih sampai anda yakin dengan teknik sundulan anda. Hal utama yang perlu diingat adalah menjaga mata agar tetap terbuka dan menggunakan dahi, buka bagian atas kepala. Berikut penjelasan yeknik dasar menyundul (heading) bola (Hervy, 2003) :
1.    Berdirilah dengan sejajar dengan bola, dengan satu kaki di depan kaki yang lain, tekuk lutut dan penggung agak condong ke belakang
2.    Saat bola datang mendekat, usahakan mata anda tetap terbuka. Tetap santai pada menit-menit terakhir.
3.    Sundullah bola dengan dahi jika anda menggunakan bagian kepala yang lain, maka akan terasa sakit.
4.    Doronglah bola menjauh sambil mengencangkan otot leher, sehingga kepala dapat mengarahkan bola tersebut kearah yang diinginkan.





2 komentar: